Senin, 22 Maret 2010

TUGAS SOFTSKILL RISET AKUNTANSI

ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KONDISI KEUANGAN FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Tugas Riset Akuntansi

1. Majalah Ilmiah

Judul : ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI KONDISI FINANSIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


Penulis : Luciana Spica Almilia & Kristijadi


Waktu Penerbitan : Desember 2003


Nama Majalah : Jurnal Akuntansi Keuangan


Lembaga Penerbit : STIE PERBANAS Surabaya


Volume dan Nomor Majalah : Volume 7 No. 2


2. Komponen-komponen

- Pendahuluan

- Kajian Teori dan Pengembangan Hipotesis

- Metode Penelitian

- Hasil Penelitian

- Simpulan dan Keterbatasan Penelitian

- Referensi


3. Abtraksi


Maksud penelitian ini untuk memeriksa Rasio Keuangan terhadap kondisi perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri atas 24 perusahaan. Yang menjadi pokok permasalahan adalah apakah rasio keuangan (di luar model Altman) berpengaruh signifikan terhadap kondisi financial distress perusahaan manufaktur ? Jika ada, rasio apa saja itu? Metode yang digunakan untuk membuktikan apakah benar rasio keuangan (di luar model Altman berpengaruh signifikan terhadap kondisi financial distress adalah regresi logit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada rasio keuangan lain yang dapat digunakan sebagai alat untuk memprediksi kondisi financial distress perusahaan selain rasio – rasio keuangan yang digunakan dalam model Altman.



ANALISA PERHITUNGAN NILAI PERSEDIAAN DENGAN METODE FIFO DAN LIFO PADA UD. PANDAWA

ABSTRAKSI

Dalam perusahaan yang bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan, persediaan merupakan salah satu hal pokok yang harus diperhatikan dan merupakan salah satu factor penunjang yang sangat penting. Untuk menentukan nilai persediaan akhir terrdapat 4 metode yaitu (1) Specific Identification Method; (2) Avarage Method; (3) FIFO Method; (4) LIFO Method. Kesimpulan yang diperoleh atas penelitian yang telah dilakukan oleh penulis adalah diketahui persediaan akhir dengan menggunakan metode FIFO adalah sebesar Rp. 1.150.000,00 dan pada LIFO Rp. 1.145.900,00. Besarnya laba kotor untuk dua produk yaitu ban luar merk swallow dan ban dalam merk uk ukuran 28 sebesar FIFO Rp. 376.250,00, LIFO Rp. 372.150,00. selain itu penilaian persediaan barang dagangan mempunyai peranan penting dalam menentukan harga pokok perusahaan yang mempunyai pengaruh terhadap laba yang akan diterima oleh perusahaan.




ANALISIS BIAYA DIFFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA UD.SUMBER BARU

ABSTRAKSI

Dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, Informasi akuntansi differensial yang relevan adalah pendapatan differensial dan biaya differensial. Pendapatan differensial adalah tambahan pendapatan karena menerima pesanan khusus, sedangkan biaya differensial adalah biaya tambahan karena menerima pesanan khusus. Jika Pendapatan differensial (tambahan pendapatan dengan diterimanya pesanan khusus) tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan biaya differensial (tambahan biaya karena menerima pesanan khusus) maka pesanan khusus sebaiknya diterima, karena perusahaan akan mendapat laba differensial (tambahan laba karena menerima pesanan khusus), sedangkan jika pendapatan differensial lebih rendah dari biaya differensial, maka sebaiknya pesanan khusus ditolak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar